Mengenal beberapa jenis jurusan di bidang komputer

THIS IS CODING!

Ada yang pernah bertanya kepada saya, “Kak jurusan komputer itu kenapa banyak banget sih, ada ini ada itu, bedanya dimana ya? Bukannya itu semua mengarah ke titik yang sama, yaitu komputer?”
Dalam hati saya bergumam “Siapa anak ini? Kenal aja engga” hehehe bercanda deh. Saya pun menjawab, “Nah ini yang harus kamu tau, jurusan tentang komputer itu gak cuma satu dua doang, tapi ada beberapa jurusan yang masih kurang populer di masyarakat.”

Langsung saja ya, ini dia beberapa jenis jurusan yang ada hubungannya sama bidang komputer:

  1. Ilmu Komputer
    Di jurusan ini, kamu akan mempelajari lebih banyak teori tentang dunia komputer daripada prakteknya. Teori apaan ya? Teorinya seperti tentang teori jaringan, algoritma dan pemograman sistem. Tidak hanya teori kok, kamu juga akan ada prakteknya, jadi tentunya kamu akan mempelajari tentang beberapa jenis bahasa pemograman, sistem operasi, basis data dan juga algoritma.
  2. Teknik Informatika
    Tau banget dong tentang jurusan yang hits ini? Ya, teknik informatika. Sebenarnya teknik informatika memiliki materi yang hampir sama loh dengan ilmu komputer, namun di teknik informatika sendiri kamu akan mempelajari lebih banyak prakteknya nih. Kamu tetap akan mempelajari teori-teori tentang dunia komputer, namun tidak terlalu dalam seperti mahasiswa di jurusan ilmu komputer. Diharapkan para lulusan dari teknik informatika ini, dapat langsung menjadi pekerja yang terampil dan professional di dunia pekerjaan.
  3. Teknik Komputer
    Buat kamu yang lebih menyukai dunia hardware komputer, sepertinya kamu cocok untuk berada di jurusan ini. Teknik komputer lebih mendalami tentang perangkat keras, seperti prosesor, chip, dan microcontroller. Pada beberapa fakultas, jurusan ini sering disandingkan dengan jurusan Teknik Elektro, kenapa begitu? Ya, karena jurusan ini juga mempelajari tentang dunia listrik yang ada di komputer loh.
  4. Sistem Informasi
    Jurusan ini juga menjadi primadona di beberapa kampus nih untuk dapat dipelajari. Sistem informasi menjadi jurusan yang dimana kamu dapat mempelajari dunia komputer dan dunia bisnis secara bersamaan. Jika dalam dunia kerja, sistem informasi menjadi sebuah “jembatan” bagi orang-orang yang butuh aplikasi dan juga si pengembang aplikasi. Banyak yang butuh aplikasi, namun tidak dapat menjelaskan kebutuhannya seperti apa, nah para lulusan sistem informasi hadir untuk dapat menterjemahkan kebutuhan tersebut, dari segi proses bisnis, resource dan juga sistem IT yang seusai.

Sudah dapat dibedakan ya, jurusan-jurusan dunia komputer tersebut ternyata memiliki pendalaman ilmu yang berbeda-beda, namun tetap pada tujuannya mewujudkan kebutuhan para konsumen dalam bidang komputer nih. Jadi kalo kamu ditanya oleh orang tua, mau masuk jurusan komputer yang mana? Kira-kira pilihan kamu jatuh ke jurusan mana nih? Eits.. jangan salah pilih, sebelum kamu masuk lebih dalam, kamu harus beneran suka ya bukan karena ikut-ikutan.

Itu saja mengenai pengenalan tentang jurusan dunia komputer, semoga ini dapat menambah ilmu kamu juga ya, sampai jumpa..